Dibalik Bencana Lumpur Lapindo, Ternyata Datangkan Triliunan Rupiah

- 18 Maret 2022, 22:23 WIB
Dibalik Bencana Lumpur Lapindo, Ternyata Datangkan Triliunan Rupiah
Dibalik Bencana Lumpur Lapindo, Ternyata Datangkan Triliunan Rupiah /

TERAS GORONTALO — Hingga saat ini, semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, masih terus berlangsung, sudah 16 tahun namun belum ada solusi untuk menghentikan lumpur tersebut. Tapi dibalik bencana itu ternyata mendatangkan triliunan rupiah.

Lumpur panas bercampur gas itu diketahui pertama kali muncul di waktu subuh di pertengahan sawah desa. lumpur Lapindo itu muncul akibat adanya kelalaian PT. Lapindo Brantas.

Tak heran, jika daerah Sidoarjo perlahan dipenuhi lumpur. Sehingga bukan tidak mungkin lumpur akan terus menghantam hunian warga jika di tahun-tahun mendatang masih belum ada cara untuk menutup semburan lumpur Lapindo itu.

Baca Juga: TERBONGKAR! Sifat Asli Doni Salmanan Bermuka Dua dan Makar Tersangka Penipuan Binary Option Qutoex

Tapi, dibalik bencana ternyata lumpur Lapindo mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat, terutama dalam sektor ekonomi.

Ternyata, lumpur Lapindo saat ini dimanfaatkan para pengrajin untuk mendapatkan uang.
Lumpur Lapindo ini pun dimanfaatkan pengrajin diolah menjadi glasir, gerabah konvensional, software warna, dan berbagai jenis pembuatan keramik.

Untuk itu, lumpur Lapindo yang mengandung mineral ini dipakai sebagai bahan dasar pembuatan keramik, hasilnya mereka kumpulkan uang dari penjualan keramik dengan harga jual yang cukup murah.

Baca Juga: Suntik Vaksin Bisa Membatalkan Puasa di Bulan Ramadhan? Ini Penjelasan Buya Yahya

Dilansir Teras Gorontalo dari Channel YouTube Teknologi Populer, Jumat 18 Maret 2022, lumpur Lapindo ini memiliki kandungan silika dan alumina sekitar 50 persen, lumpur panas ini bisa digunakan sebagai salah satu bahan bangunan pengganti semen.

Halaman:

Editor: Gian Limbanadi

Sumber: YouTube Teknologi Populer


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x