Ternyata Peristiwa Inilah yang Memicu Terbentuknya Hamas di Palestina

- 20 November 2023, 08:00 WIB
Ternyata Peristiwa Inilah yang Memicu Terbentuknya Hamas di Palestina
Ternyata Peristiwa Inilah yang Memicu Terbentuknya Hamas di Palestina /

TERAS GORONTALO --  Hubungan antara Hamas dan Israel kembali memanas, setelah serangan besar besaran oleh organisasi politik yang menguasai jalur Gaza itu.

Serangan itu mulai terjadi pada 7 Oktober 2023 kemarin dan menewaskan ribuan korban di Israel serta ratusan orang lainya diculik.

Akibat dari serangan Hamas tersebut, banyak militer dunia yang heran atas kemampuan yang dimiliki Hamas itu. Lantas siapa itu Hamas?

Hamas lahir pada tanggal 14 Desember tahun 1987, sebagai hasil pengembangan kipra perjuangan dari Ikhwanul Muslimin atau (Islamic Brotherhood) yang berpusat di mesir.

Untuk mengetahui siapa itu Hamas, kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu (Islamic Brotherhood).

Organisasi (Islamic Brotherhood) atau 'Ikhwanul Muslimin' yang disingkat sebagai IM, adalah organisasi Islam yang diprakarsai oleh seorang ulama kharismatik bernama Hasan Al-Banna.

Organisasi ini didirikan di ismailia Mesir pada bulan April tahun 1928. IM dibentuk saat dunia islam tengah terpuruk pasca perang dunia ke-1 tahun 1913 serta karena runtuhnya kekaisaran Ottoman atau kekhalifaan Usmania pada tahun 1924.

Sejak runtuhnya kekaisaran Ottoman, negeri negeri Islam mulai dijajah bangsa Eropa.

Seperti terabaikannya Islam, tercerai berainya umat, kejumudan berfikir, merajalelanya khurafat, takhayaul, dan taqlid buta di kalangan muslim.

Halaman:

Editor: Budyanto Hamjah

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x