5 Manfaat Puasa dalam Islam Bagi Kesehatan

- 31 Maret 2024, 20:22 WIB
Ilustrasi puasa sehat ala Rasulullah SAW./ freepik.com @freepik
Ilustrasi puasa sehat ala Rasulullah SAW./ freepik.com @freepik /

TERAS GORONTALO -- Menjalankan puasa di bulan Ramadhan menjadi salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Selain itu, dari segi ilmiah berpuasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Seperti dilansirTeras Gorontalo dari PMJ News, Minggu 31 Maret 2024, berikut lima manfaat puasa bagi kesehatan yang didukung oleh sains:

1. Mengontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan pengendalian gula darah, yang mungkin bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

Sebuah studi tahun 2023 terhadap 209 orang menemukan puasa intermiten tiga hari seminggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, memungkinkannya mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

2. Melawan Peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa peradangan mungkin jadi penyebab dalam perkembangan kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis.

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan meningkatkan kesehatan. Puasa intermiten juga secara signifikan mengurangi kadar protein C-reaktif, yang merupakan penanda peradangan.

Halaman:

Editor: Budyanto Hamjah

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah