GPS Launching Temuan Hasil Pemantauan Program Perlindungan Perempuan DP3A Sulut, Berikut Rekomendasinya

- 30 Maret 2024, 21:46 WIB
GPS Launching Temuan Hasil Pemantauan Program Perlindungan Perempuan DP3A Sulut, Berikut Rekomendasinya
GPS Launching Temuan Hasil Pemantauan Program Perlindungan Perempuan DP3A Sulut, Berikut Rekomendasinya /

TERAS GORONTALO -- Gerakan Perempuan Sulut (GPS) pada Sabtu 30 Maret 2024 bersama dengan PERLUDEM mengadakan Diskusi Media untuk Melaunching hasil temuan pemantauan Program Perlindungan Perempuan di DP3A Sulut melalui audit sosial.

Pemantauan ini dilakukan sejak bulan November 2023 – Februari 2024, Tim Pemantau GPS terdiri dari 3 orang yaitu Nurhasanah, Ruth Ketsia Wangkai dan Vivi George.

Tujuan dari audit sosial dari Tim Pemantau GPS ini ada 3, yang pertama untuk melihat relevansi perencanaan dan implementasi kebijakan dalam menjawab persoalan pada kelompok marjinal terdampak dalam hal ini perempuan dan perempuan korban kekerasan.

Kedua untuk melihat relevansi output dan dukungan anggaran dari program perlindungan perempuan DP3A Sulut dalam menjawab permasalahan isu perempuan termasuk kekerasan terhadap perempuan.

Dan yang terakhir untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah terhadap aspek perencanaan dan implementasi kebijakan berdasarkan temuan hasil pemantauan di DP3A Sulut

Temuan dari tim pemantau GPS pada tahapan perencanaan kebijakan adalah Minimnya pelibatan publik termasuk media dalam proses perencanaan pembangunan daerah berdampak besar pada hasil yang dicapai.

Kegiatan yang direncanakan tidak menghasilkan output yang dibutuhkan oleh penerima manfaat.

Tidak adanya data atau informasi yang langsung disampaikan publik mengakibatkan tidak ada penyelesaian permasalahan yang dialami oleh kelompok sasaran atau perempuan korban kekerasan.

Seperti biaya Visum et Psikiatrikum yang masih berbayar dengan tenaga psikiater yang terbatas hanya 2 orang, biaya rawat inap akibat dari kekerasan yang dialaminya yang masih ditanggung korban, belum ada rumah aman yang representative sesuai dengan kebutuhan korban.

Halaman:

Editor: Budyanto Hamjah

Sumber: Teras Gorontalo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah