Viral Oralit Diburu Karena Diklaim Menangkal Dehidrasi Saat Puasa, Kemenkes Buka Suara

- 27 Maret 2023, 18:45 WIB
Viral Oralit Diburu Karena Diklaim Menangkal Dehidrasi Saat Puasa, Kemenkes Buka Suara
Viral Oralit Diburu Karena Diklaim Menangkal Dehidrasi Saat Puasa, Kemenkes Buka Suara /pixabay/

TERAS GORONTALO - Oralit akhir akhir ini diburu oleh masyarakat usai melihat cuitan di salah satu akun Twitter yang mengklaim terdapat efek samping yang baik jika mengonsumsi oralit saat puasa.

Bermula ketika salah seorang warganet menanyakan hal tersebut ke akun Twitter dr. Kurniawan Satria Denta yang merupakan dokter spesialis anak di Rumah Sakit Mayapada Kuningan.

dr. Denta merespon pertanyaan pria itu sekaligus membagikan tips mengonsumsi oralit saat puasa hingga mendapat likes dari warganet sebanyak lebih dari 30.000. Beragam komentar ia jawab termasuk mengatakan bahwa oralit lebih manjur dibandingkan minuman isotonik. 

Baca Juga: ONE PIECE: Mihawk dan Shanks, Siapa yang Paling Kuat?

Oralit adalah sebuah jenis larutan yang digunakan untuk mengobati dehidrasi yang disebabkan oleh diare, muntah, atau keringat berlebihan.

Larutan ini mengandung campuran garam dan gula yang seimbang sehingga dapat membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mencegah dehidrasi lebih lanjut.

Pengalaman dr. Denta dalam utas yang ia bagikan, ia hanya meminum cukup segelas air putih dan segelas oralit ketika sahur dan ketika berbuka serta mengonsumsi makanan berat sebelum isya yang juga ia selingi dengan mengonsumsi serat yang banyak. 

Baca Juga: Eiichiro Oda Ungkap Alasan Kenapa Kizaru Tak Jadi Fleet Admiral, Ternyata...

Namun hal itu membuat masyarakat overbuying sehingga oralit habis terjual di berbagai apotek hingga tak sedikit yang mencarinya di forum jual online.

Halaman:

Editor: Gian Limbanadi

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah