Berhasil Skrining 12 Ribu Pasien, Grup RS Siloam Lanjutkan Program Pencegahan Kanker Payudara SELANGKAH

- 2 Maret 2024, 12:51 WIB
Berhasil Skrining 12 Ribu Pasien, Grup RS Siloam Lanjutkan Program Pencegahan Kanker Payudara SELANGKAH
Berhasil Skrining 12 Ribu Pasien, Grup RS Siloam Lanjutkan Program Pencegahan Kanker Payudara SELANGKAH /

TERAS GORONTALO - Grup RS Siloam secara resmi mengumumkan kelanjutan tahun kedua program SELANGKAH (semangat lawan kanker), Jumat 1 Maret 2024.

Program yang dimulai sejak tahun 2023 ini telah berhasil menjangkau 12 ribu wanita di 65 desa dan komunitas untuk dilakukan skrining, deteksi kanker payudara.

Di mana, dari 12 wanita yang menerima pelayanan SELANGKAH, 9% pasian terindikasi kanker payudara.

Baca Juga: Bumil Wajib Catat! Inilah Cara Ampuh Menguatkan Kandungan di Trimester Pertama Kehamilan, Ternyata Hanya...

Seperti diketahui, Kanker payudara adalah salah satu kanker paling umum di seluruh dunia dan menjadi penyebab utama kematian akibat kanker di kalangan wanita.

Meskipun prevalensinya tinggi, deteksi dini dan perawatan yang tepat dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit ini secara signifikan.

“Meskipun terdapat kemajuan dalam penanganan kanker, di Indonesia ternyata masih banyak masyarakat yang belum dapat mengakses atau mendapatkan layanan kanker yang layak sehingga menyebabkan banyaknya kematian karena kanker," terang dr. Jeffry Beta Tenggara, Sp.PD-KHOM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi-Onkologi RS MRCCC Siloam Semanggi.

 

Dikutip dari data Kementerian Kesehatan RI, sebesar 70% pasien kanker payudara telah memasuki stadium 3 saat terdeteksi.

Halaman:

Editor: Viko Karinda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah